1.3.09

Apotik di Dapur Mama


Oleh: Triani Retno A

Pernah membantu mama di dapur? Coba perhatikan apa saja yang ada di dapur. Dari dapur kita bisa menggunakan bumbu dapur pengganti obat-obatan.

Selain kompor, peralatan masak dan perlengkapan makan, di dapur juga selalu tersedia beraneka bumbu masak yang bisa dugunakan untuk memasak. Ada garam, merica, kunyit, laos, bawang merah, bawang putih, cabai dan lain-lain. Bumbu tersebut tidak hanya untuk melezatkan makanan, tetapi juga bisa digunakan untuk obat.

Garam

Si asin ini dapat dapat menjadi obat diare jika kebetulan di rumah tidak tersedia oralit. Caranya, 1 sendok the gula dan setengah sendok teh garam diseduh dengan segelas air. Minum setiap kali sehabis diare.

Bawang Merah

Bawang merah dapat digunakan sebagai obat batuk, obat cacing, obat demam dan perut kembung. Untuk obat demam dan perut kembung, bawang merah dipotong tipis-tipis lalu diremas-remas dengan campuran minyak kayu putih dan minyak kelapa. Hasil remasannya dioleskan pada perut yang kembung atau pada tangan, kaki, dan badan yang demam. Jangan dimakan, ya!

Bawang Putih

Kalau di film-film, bawang putih dipercaya bisa mengusir drakula dan vampire. Ternyata bawang putih dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, misalnya hipertensi, ambeien, asma, sesak nafas dan luka memar. Untuk mengobati luka memar, bawang putih ditumbuk halus lalu dicampur dengan satu sendok madu. Campuran ini dioleskan pada bagian yang memar.

Kencur

Kalau batuk dan tidak ada obat batuk, coba pakai si kencur atau cikur ini. Caranya kencur sebesar jempol dikupas bersih lalu dikunyah. Setelah keluar air, airnya ditelan dan ampasnya dibuang. Atau boleh jujga kencurnya diparut lalu dicampur dengan satu gelas air hangat. Setelah disaring, tambahkan sedikit garam langsung minum.

Jeruk Nipis

Sedang batuk, tapi tidak ada kencur? Kenapa tidak pakai air perasan jeruk nipis yang di campur dengan sedikit kecap asin? Rasanya asam-asam manis dan asin dan membuat tenggorokan lebih nyaman.

Seledri

Biasanya seledri dipakai untuk campuran sayur sop, capcay atau omelet telur. Kalau Ibu sakit rematik, setangkai daun seledri digunakan sebagai lalapan setiap kali makan. Daun seledri juga bisa mengobati hipertensi atau darah tinggi.

Lengkuas

Malu ya ada panu di kulit? Panu bisa dihilangkan dengan bantuan lengkuas dan kapur sirih. Ke dua bahan ini ditumbuk halus lalu digosokkan pada kulit yang berpanu 2 kali sehari.

No comments:

Post a Comment