7.5.09

10 Langkah Cara Menginstal Aplikasi Yang Tidak Bisa Dijalankan Di Windows Vista

Masalah perbincangan tentang computer memang tidak akan ada habisnya, seperti yang saya alami kemarin ketika rekan saya yang bernama Ferdiyan Yanuar berkunjung ke tempat kos aku. Rekan ku tersebut meminta aku untuk menginstal ulang kembali laptopnya. Tapi tidak masalah, karena untuk hal itu aku sudah sangat sering melakukannya. Dia meminta aku untuk menginstalnya dengan Windows Vista, tapi karena CD OS Windows Vista yang kumiliki (sebenarnya bukan milikku, tetapi aku hanya mengcopy CD OS Windows Vista dari temanku Didik Purwanto yang di dapat ketika membeli laptop Axioo) sudah aku pakai dan juga sudah diaktifkan, maka tidak mungkin aku menginstalkannya pada laptop temanku.

Alhamdulillah temanku tersebut mendapat pinjaman CD OS Windows Vista dari teman sekelas dahulu ketika semester 1 sampai dengan semester 3 yang bernama Semar. Tanpa menunggu lama aku pun langsung meng-instalkannya, karena menginstal Windows Vista lebih lama dibandingkan Windows XP.

Akhirnya selesai juga proses penginstalan Windows Vista, dan sekarang hanya menginstal drivernya saja. Pada saat penginstalan driver, semua penginstalan seperti VGA, Wireless, Touchpad, Modem, Webcam berjalan lancar hanya saja ketika penginstalan audio terjadi kegagalan, apa mungkin karena driver yang di dapat dari laptop Dell tersebut, untuk audio tidak compatible dengan Windows Vista.

Aku mencoba sesuatu yang pernah aku dapatkan dari tempat perentalan di Jalan Kaliurang Km.5 (Istana Disk) yaitu cara menginstal game (lupa namanya) pada Window Vista. Berikut penjelasannya:

  1. Klik start kemudian klik control panel

  2. Pada control panel Disarankan menggunakan mode contro panel home jangan yang classic view.

  3. Klik program kemudian pada programs and features klik Use an older program with this version of Windows.

  4. Akan muncul seperti pada gambar di bawah ini:

  1. Kemudian klik Next> dan pilih lokasi tempat software yang ingin Anda Instal berada.

Pilihan:

  • I want to choose from a list of programs untuk merubah atau mengganti aplikasi yang sudah terinstal di Laptop/Komputer Anda.

  • I want to use the program in the CD-ROM drive, pilih apabila software yang akan Anda instal berada di CD-Rom.

  • I want to locate the program manually, pilih ini apabila software yang akan Anda instal berada di Hard disk.

  1. Setelah Anda telah memilih, kemudian klik Next untuk mencari software Anda. Dengan cara klik Browser dan cari seperti ketika Anda mencari file Anda, dilanjutkan dengan klik Next.

  1. Setelah itu, Anda pilih OS (Operating System) apa yang direkomendasikan untuk program yang akan Anda instal. Sebagai contoh, jika program yang akan Anda instal direkomendasikan untuk Windows XP, maka pilih yang Microsoft Windows XP (Service Pack 2) atau yang lainnya. Kemudian jika sudah, klik Next.

  1. Kemudian akan muncul gambar seperti di bawah ini. Klik saja Next.

  1. Kemudian akan muncul seperti pada gambar di bawah ini. Klik Next lagi.

  1. Akan tampil seperti pada gambar di bawah ini. Kemudian klik Next lagi. Sehingga proses instalisasi berjalan. Dan tunggu sampai selesai.

Selamat mencoba!


2 comments:

  1. ngak rugi gue punya temen yang nama nya tiok.coz gue bisa hemat 70.000 X 3=210 000
    coz gue udah 3 kali instal com gue,tiok deh yang nginstalin .jika gue ke toko kom gue diminta 70.000 ribu tapi kalau sama tiok cuma thaks ya
    tenkyu tiok.
    ferdiyan yanuar ...........................

    ReplyDelete
  2. Ferdi, klo mau bayar, seikhlasnya gak apa2 kok gw terima dengan senang hati.

    ReplyDelete