21.5.09

Pentingnya Dalam Memilih Seorang Teman


Pertemanan adalah suatu hal yang sangat penting, dengan banyak berteman berarti semakin banyak yang membantu kita jika mengalami kesulitan. Tapi berhati-hatilah dalam memilih teman, karena dalam sebuah hadits dikatakan bahwa teman yang baik adalah seperti seorang penjual minyak wangi sedangkan teman yang buruk adalah seperti seorang pandai besih.

Berteman dengan seorang pemabuk bisa jadi kita akan terbawa mabuk, berteman dengan seorang perokok bisa jadi kita akan ikut merokok. Kenapa penulis katakan bisa terbawa karena dengan berteman dengan seorang pemabuk misalnya, kita pasti akan ditawari minum, meskipun hanya sedikit. Dan juga sama halnya jika berteman dengan seorang perokok, bahkan tidak kenal pun terkadang kita akan ditawarinya.

Tapi sebaliknya dari semua itu adalah jika kita berteman dengan seorang yang rajin mengaji, rajin sholat tentunya kita akan terbawa juga seperti itu. karena berteman dengan orang-orang yang baik, mereka tidak henti-hentinya selalu memberikan nasihat kepada kita jika kita melakukan kesalahan, dan juga tentunya kita akan diajaknya untuk suatu kebaikan. Seperti halnya tatkala azan berkumandang, maka teman yang baik akan selalu mengingatkan dan mengajak untuk memenuhi panggilannya untuk sholat berjama’ah.

Pilihan kembali kepada Anda, tapi saya sarankan pilihlah teman yang baik karena seseorang itu tergantung pada agama temannya. Jika temannya baik maka kita pun akan terbawa baik dan jika temannya buruk maka kita pun akan terbawa buruk. Semoga tulisan yang singkat ini menyadarkan akan pentinnya dalam memilih seorang teman.


1 comment:

  1. akhlak yg baik penting, tapi selain itu juga teman yg orientasinya sukses dan suka bekerja keras, sehingga juga imbang scr rohani dan jasmani..

    ReplyDelete