4.5.09

Virtual Machine (Gunakan OS tanpa menginstal lewat booting)

Dahulu saya sangat sekali menginginkan menggunakan OS (Operating System) yang free tetapi karena banyaknya aplikasi yang saya gunakan tidak mendukung OS tersebut, maka saya menggunakan OS yang kebanyakan orang memakainya. Pertama kali membeli laptop ini saya sudah mendapatkan OS free tersebut yang didapat dari bonus pembelian laptop. Saya sudah mencobanya untuk menggabungkannya dengan OS yang sudah biasa saya pakai, tapi hasilnya selalu gagal karena ketidak tahuan bagaimana cara menggabungkan kedua OS tersebut.

Beberapa hari yang lalu pun aku sudah mencoba menggunakan OS yang gratis itu lewat USB, tapi sayang sekali ketika di Shut Down selalu tidak bisa sehingga aku harus mematikkannya lewat tombol power, entah kenapa penyebabnya aku belum mengetahuinya. Berawal dari itu akhirnya aku ingat akan sesuatu yang pernah aku coba sebelumnya yaitu menggunakan VMware Player, tapi sayang software aplikasi tersebut telah aku hapus dengan sengaja, karena kapasitas hard disk yang ku miliku tinggal sedikit. Tapi kemarin, dua hari yang lalu aku men-download kembali software tersebut, karena aku penasaran dengan kehebatan OS versi gratis tersebut.

Walaupun gratis, OS tersebut tidak kalah dengan OS berbayar, baik itu kecepatan maupun tampilan. Setelah meng-instal virtual machine, aplikasi tersebut masih belum bisa digunakan karena aplikasi tersebut membutuhkan file VMware disk virtual disk (virtual appliance) yang dapat di download dari VMware virtual appliance. Dan setelah download selesai maka Anda pun bisa menggunakan VMware Player.

Ketika pertama kali membuka aplikasi tersebut, akan ada dua pilihan yaitu open (untuk membuka folder yang terdapat file VMware virtual appliance dan kedua download (untuk mendownload file VMware virtual appliance, jika pada hard disk Anda belum mempunyai VMware virtual appliance, maka pilihlah pada opsi download dan jangan lupa juga Anda harus terkoneksi dahulu ke internet untu mendownloadnya dan setelah selesai download maka Anda harus mengekstrak folder tersebut jika filenya berbentuk .ZIP. Tetapi jika Anda telah mendownloadnya atau anda telah mempunyai file tersebut maka pilihlah opsi open. Berikut gambar tampilan awal ketika membuka VMware Player.



Dan di bawah ini gambar ketika memulai start up pada VMware Player. Dengan OS Ubuntu 8.10 Desktop.




Isi username dan password dengan kata "user" dan Anda akan dibawa masuk ke halaman desktop.



Bagi Anda yang sudah menggunakan OS Ubuntu tidak akan asing melihatnya karena tampilan akan sama hanya saja aplikasi ini tidak memerlukan penginstalan lewat booting.

Akhirnya saya bisa juga kembali menggunakan dua OS tanpa menginstal lewat booting. Lihatlah gambar di bawah ini yang mana terdapat dua OS berjalan bersama-sama.




Semoga bermanfaat.


Previous Post
Next Post

4 comments:

  1. Wih, keren bo....dalam 1 OS bisa berjalan sekali dua....mau donk...!!!!

    ReplyDelete
  2. DImana nih aku bisa download aplikasinya.....???

    ReplyDelete
  3. Iya bagus tuh, lebih enak klo OS virtualnya windows....

    kira-kira bisa ngerusak OS yang utama gak?

    ReplyDelete
  4. Bagi yang mau download coba kunjungi di
    www.vmware.com/products/player/

    ReplyDelete