12.7.09

Filter/Dryer And Receiver Dryer


Di bawah ini adalah penjelasan dan fungsi dari Filter/Dryer and Receiver Dryer yang perlu diketahui bagi para pelajar atau mahasiswa khususnya dalam mendalami sistem pendingin. Yuk langsung saja kita simak dan pahami artikel dibawah ini, tapi sebelumnya saya ingin memberitahu bahwa artikel di bawah ini saya kutip dari sebuah website di: http://id.88db.com/id/Services/Post_Detail.page/Automotive_Vehicle/Repair_Maintenance/?PostID=194834.



Filter/Dryer

Saringan dikontruksi berupa tabung silinder yang di dalamnya terdapat sel silika yang menyerap uap air pada zat pendingin. Pada bagian atas saringan kebanyakan dilengkapi dengan kaca pengontrol untuk melihat zat pendingin yang beredar dalam sistem. Biasanya pada saringan dua buah saklar yang bekerja berdasarkan tekanan atau temperatur (saklar menghubung bila tekanan atau temperatur dalam saringan melebihi dari batas maksimal). Kadang-kadang saringan dilengkapi juga dengan tutup pengaman yang terbuat dari wood metal, tutup pengaman ini akan cair bila temperatur zat pendingin mencapai batas yang ditentukan.

Receiver Dryer
Receiver dryer berfungsi untuk menampung refrigerant cair. Receiver dryer dilengkapi dengan filter, desiccant, sight glass dan fusible plug. Filter berfungsi membersihkan kotoran yang ada dalam refrigrant. Fungsi filter tersebut sangat penting sebab jika refrigerant kotor akan menyebabkan karat pada komponen-komponen pada sistem AC. Desiccant berfungsi untuk mencegah terjadinya pembekuan kotoran di dalam lubang katup expansi dan evaporator. Kotoran yang membeku tersebut menghambat aliran refrigrant, fusible plug berfungsi sebagai alat pengaman . Jika kondensor rusak atau beban pendinginan berlebihan, maka tekanan akan merusak komponen, dalam keadaan ini solderan khusus pada fusible plug meleleh sehingga refrigrant dapat keluar. Dengan demikian, komponen tidak rusak dan solderan khusus tersebut meleleh pada suhu 95°C sampai dengan 100°C. Rutinitas pergantian filter adalah 1 tahun sekali.

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment