22.8.09

Apa Penyakit Batuk Ku Karena TBC ?


Sabtu yang lalu tanggal 15 Agustus 2009. Tepatnya setelah aku dibangunkan dari tidur pada pagi hari oleh temanku untuk menunaikan sholat Subuh berjama'ah di masjid Nurul Iman Blimbingsari. Aku merasakan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Diriku ini serasa tidak bisa berbuat apa-apa, yang aku rasakan adalah demam.


Entah apa yang menyebabkan saya terkena demam? Memang sih sebelumnya saya terkena batuk dan filek (flu) selama 2 ahad, dan sempat terhenti (batuk dan flu) selama kurang lebih 6 hari, tapi ketika kunci kamarku hilang (bukan hilang sih, tapi hanya tertinggal di kantong jaket yang mana jaketku tersebut tertukar setelah mencuci tangan ketika selesai praktikum kerja bengkel). Dan aku menginap di kamar teman, dan sebelum tidur batuk-batuk ku kambuh lagi. Padahal sebelumnya aku masih sehat dan juga masih sempat ikut fitness. Sebenarnya sakit apa sih aku ini? Apa mungkin karena kelelahan saja ya?

Sempat juga aku mengira kalau aku menderita TBC (suatu penyakit menular yang disebabkan oleh basil /kuman TBC), dengan membaca sebuah lembaran yang aku baca mengenai "Stop TB" aku mendapat info kalau ciri-ciri penyakit TBC adalah sebagai berikut:

* Batuk terus menerus disertai dengan dahak selama 3 ahad atau lebih.
* Kadang-kadang dahak yang keluar bercampur dengan darah.
* Sesak nafas dengan rasa nyeri di dada.
* Badan lemah, nafsu makan menurun, berat badan menurun.
* Berkeringat malam hari walau tanpa aktifitas.
* Demam meriang lebih dari sebulan.

Aku masih ragu, apakah aku menderita penyakit tersebut? Kalau dilihat-lihat untuk nomer 1 memang aku sudah merasa terkena penyakit tersebut, tapi untuk nomer 2 belum aku alami. Kayaknya harus ditanyakan deh ke dokter.



Previous Post
Next Post

0 comments: