2.8.09

Capture Gambar Lebih Mudah Dengan FastStone Capture

Untuk capture (menangkap) gambar yang ada di layar komputer sudah menjadi hal yang penting ketika kita akan membuat laporan pemrograman komputer atau yang lainnya, sehingga dengan gambar capture tersebut akan memperjelas pembaca dalam memahami isi dari tulisan tersebut. Dalam hal ini (membuat laporan pemrograman komputer1 maupun 2) saya menggunakan aplikasi portable (tidak perlu di instal) yang bernama FastStone Capture. Bagi saya aplikasi itu mudah untuk di gunakan. Berikut adalah beberapa cara capture jika Anda menggunakan aplikasi tersebut.



Aplikasi tersebut memiliki beberapa tipe dalam penangkapan gambar, yaitu: capture active window, capture window, capture rectangel region, capture freehand region, capture full screen, dan capture scrolling window.

- Capture Active Window, penangkapan gambar untuk window yang aktif, kita bisa mengetahuinya dengan melihat pada taskbar.


Pada gambar di atas window yang aktif adalah aplikasi word, sehingga jika kita meng-capture dengan Capture Active Window maka yang tertangkap adalah aplikasi word.


- Capture Window, untuk penangkapan gambar dengan memilih window yang kita kehendaki. Misalkan saya membuka folder atau menjalankan beberapa program, seperti windows media player, word atau yang lainnya.

- Capture Rectangel Region, tipe ini lebih istimewa dari tipe yang lainnya, karena kita bisa memotong sesuai dengan keinginan kita dalam bentuk segi 4. Sebagai contoh saya akan meng-capture dengan memotong bagian pada tulisan ini. Lihat gambar:

- Capture Freehand Region, tidak jauh berbeda dengan Capture Rectangel Region hanya saja bentuk yang terambil berbentuk bebas atau tidak beraturan. Lihat gambar:


- Capture Full Screen, sesuai dengan namanya kita bisa memahami yaitu penangkapan semua layar. Artinya apa yang terdapat di layar akan tertangkap. Lihat gambar:


- Capture Scrolling Window, untuk tipe ini tidak jauh berbeda dengan Capture Window. Untuk keterangannya silahkan melihat pada keterang Capture Window.


Untuk mendownload aplikasi portable tersebut Anda dapat mengunjungi website dari FastStone Capture di www.FastStone.org.






No comments:

Post a Comment