12.1.10

Tips Untuk Anda Yang Akan Mencari Magang Kerja

Berhubung penulis sedang melaksanakan magang/kerja praktek di suatu perusahaan manufaktur, maka pada artikel di blog ini, sedikit penulis berikan beberapa tips untuk anda yang akan mencari tempat magang/kerja praktek.

Salah satu syarat untuk lulus diperkuliahan adalah melaksanan magang/kerja praktek. Dari magang tersebut mahasiswa bisa menerapkan ilmu yang telah di dapat selama masa pembelajaran di kelas maupun di laboratorium. Tetapi terkadang ada di antara kita yang melaksanakan kerja praktek/magang yang berlawanan dengan bidang ilmunya.
Waktu pelaksanaan magang terutama di kampus penulis, minimal 4 bulan dan dilaksanakan di semester 6, namun hal di atas tidaklah menjadi keharusan, seperti beberapa teman penulis yang saat ini telah selesai melaksanakan magang selama 6 bulan.

Hal yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mencuri start dalam artian kita sudah mencari dan mangajukan proposal di semester 5, tetapi sebelumnya kitapun harus memilih tempat magang yang sesuai dengan jurusan kita tentunya dan yang terpenting lagi adalah adanya uang saku dari perusahaan. Kenapa penulis menganjurkan untuk mencari yang dibayar, karena yang perlu kalian ingat adalah kita tetap membayar kuliah meskipun kita sedang menjalankan magang/kerja praktek. Sehingga tidak ada salahnya juga kan kita mencari magang yang ada bayaran setiap bulannya.

Waktu selama semester 5 tidaklah lama, maka tunggulah panggilan dari perusahaan, kalau bisa tanyakan terus sampai Anda mendapatkan kepastiannya. Tetapi jangan sering-sering Anda menghubungi HRD, karena tentunya tidak hanya Anda yang mengajukkan proposal, melainkan ada dari berbagai universitas pun yang mengajukkannya, dan bisa jadi bagian HRD akan jengkel dengan telepon anda terus menerus dan bisa jadi tidak mau mengangakat telepon dari Anda lagi.

Tentunya akan ada kesempatan besar jika di dalam sana ada kenalan Anda/teman Anda, maupun kenalan dosen Anda. Jika ada jangan sungkan-sungkan untuk menanyakan peluang bisa atau tidaknya Anda diterima di perusahaan tersebut. Pertimbangan yang perlu Anda ambil ketika telah mencuri start adalah kesiapan jikalau ada panggilan tatkala Anda sedang menjalani semester 5(lima). Dan pilihan ada di tangan Anda, apakah Anda akan mengambilnya tetapi meninggalkan kuliah semester 5(lima) atau menolaknya yang nantinya Anda harus mengajukkan proposal ke perusahaan lain dan menunggu lagi, dan bisa jadi pihak perusahaan yang kita tolak akan tidak percaya lagi dengan kampus kita.

Pernah penulis di nasehati oleh seorang karyawan tatkala penulis bertanya ke orang tersebut, bahwa akan sukar jika di sana tidak ada kenalan ataupun “orang dalam”. Orang tersebut menasehati penulis dengan kalimat singkat tapi penuh arti, yakni. Jangan pernah mengatakan susah ketika kita belum mencoba. Jadi cobalah Anda mengajukkan proposal ke perusahaan yang Anda sangat minati meskipun di sana tidak ada “orang dalam”.

Nah para pembaca sekalian, hanya sedikit yang bisa penulis berikan, sisanya silahkan bertanyalah kepada dosen pembimbing magang kalian. Tentunya dosen pembimbing Anda akan memberikan yang terbaik untuk Anda.



Previous Post
Next Post

0 comments: