26.8.10

Dataku berubah menjadi ikon shortcut karena ulah POANEEX

Berawal ketika mengambil data yang saya titipkan di komputer teman, ada ikon-ikon shortcut bermunculan di halaman awal hardisk external kepunyaanku. Anehnya lagi ikon-ikon tersebut namanya sama seperti nama folder ataupun file yang ada di sana, dan file asli/folder yang ada malah hilang... (duh, bikin repot aja nih virus..)

Ketika ku klik doble ikon tersebut, tidak ada reaksi apapun. Namun dalam task manager (tab menu processes) muncul proses baru yang sedang bekerja bernama "poaneex". Akhirnya ku scan dengan antivirus yang ku pakai yaitu SMADAV 8.2 dan Avast 5.0. Hasil diketahui ketika ku scan dengan Avast 5.0, namun ada beberapa virus yang terdeteksi itu tidak dapat dihapus (remove).


Dalam membuka data yang terubah oleh poaneex (mungkin virus kali ye...), Ada beberapa langkah yang yaitu:
- Membuka lewat "startPortableApps". 
  Aplikasi ini ku instal diawal sebelum proses peng-copy-an data dilakukan, dengan tujuan supaya file dan folder dapat tertata rapih (ternyata ada gunanya juga nih aplikasi). 

- Membukanya mengunakan aplikasi file manager yang bernama freecommander. 
   Ternyata dengan file manager ini data kita yang tersembunyi (oleh poaneex) bisa terlihat juga.
Nah itulah sedikit sharing apa yang terjadi pada HD External karena ulah poaneex.
---------
StartPortableApps di atas tersebut di dapat setelah menginstal PortableApps.com Suite atau PortableApps.com Platform. Untuk mendownload aplikasi ini, silahkan kunjungi websitenya di http://portableapps.com/   atau bisa juga di download di http://grasoftdown.blogspot.com/.

Sedangkan untuk aplikasi file manager yang bernama freecommander dapat juga anda download di http://grasoftdown.blogspot.com/2010/08/download-free-commander.html.


4 comments:

  1. Terimakasih mas atas informasinya.....

    ReplyDelete
  2. Iya sama-sama.

    sedikit menambahkan. Kejadian seperti ini hanya terjadi pada komputer/laptop yang sudah terkena virus ini.

    ReplyDelete
  3. ternyata file yg disembunyikan oleh si virus (poaneex) itu bisa kita kembalikan dengan cara men-scannya dengan SMADAV 8.3 (Versi Terbaru) lho.., ini saya ketahui ketika menscan HD Ext. yang file/foldernya ter-hidden tersebut dapat muncul kembali setelah mengklik repair all setelah selesai pen-scanan.

    Buat yang mau download SMADAV 8.3 tersebut silahkan aja langsung menuju ke websitenya di http://smadav.net.

    ReplyDelete
  4. Iya...Kmarin Punya Q Juga Kaya Githu Cukup Aku Scan Ama SmadaV ilang Yo.....

    ReplyDelete