30.4.09

8 Keutamaan dan Fungsi PLC (Programmable Logic Controllers)


Bagi mahasiswa jurusan elektro memang wajar jika memperlajari PLC, tapi bagaimana dengan jurusan Mesin, ternyata jika Anda mengambil jurusan mesin maka Anda akan mendapatkan materi kuliah dan praktikum PLC, jadi tidak rugi lho kalau mengambil jurusan mesin. Nah kalian sudah tahu belum tentang PLC,
mungkin sebagian dari kita tidak menyadari kalau di sekitarnya menggunakan sistem PLC. Misalnya seperti pada rambu lalu lintas, bel yang berbunyi otomatis atau lampu halaman sekitar anda yang menyala otomatis pada jam tertentu dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi dalam penggunaannya.

Untuk apa sih PLC itu? Fungsi awal dari PLC itu sendiri adalah menggantikan rangkaian sederetan relay yang sering dijumpai pada sistem kontrol proses konvensional. Relay yang dimaksud tadi adalah relay mekanik/elektromekanik. sehingga masih memiliki banyak kelemahan, diantaranya kontak-kontak yang dipakai mudah aus karena panas/terbakar atau karena hubung singkat, sehingga membutuhkan biaya yang cukup besar saat instalasi, pemeliharaan dan modifikasi dari sistem yang telah dibuat jika dikemudian hari deiperlukan modifikasi. Nah alasan mengapa sederetan relay tersebut diganti adalah karena sistem PLC mengintegrasikan berbagai macam komponen yang berdiri sendiri menjadi suatu sistem kendali terpadu dan dengan mudah merenovasi tanpa harus mengganti semua instrumen yang ada.

1. Setelah kita mengetahui fungsi dari PLC itu sendiri, ada beberapa keuntungan dari PLC, sehingga banyak industri yang lebih memilih dengan menggunakan PLC.

2. Jumlah kabel yang digunakan jauh lebih sedikit, sehingga proses perawatan dan perbaikan menjadi lebih mudah dan murah.

3. Mengkonsumsi/menggunakan daya lebih rendah

4. Pada fungsi diagnostiknya membolehkan pendeteksian kesalahan yang mudah dan cepat.

5. Perubahan dan urutan operasi atau proses/aplikasi dapat dilakukan dengan mudah, hanya dengan melakukan perubahan atau penggantian program, baik melalui terminal konsol atau melalui computer PC.

6. Tidak memerlukan spare part yang banyak.

7. Lebih murah jika dibandingkan dengan system konvensional, khususnya dalam penggunaan instrument I/O yang cukup dan fungsi operasional prosesnya cukup kompleks.

8. Ketahanannya jauh lebih baik dibandingkan dengan relay auto-mekanik.

Semoga bermanfaat……






27.4.09

Cara Kirim Pesan Lewat Email


Teman-teman ada yang masih belum mengetahui bagaimana cara mengirim pesan lewat email? Pada artikel kali ini kita akan belajar cara mengirim pesan lewat email. Mungkin sebagian dari teman kita masih ada lho yang belum bisa. Oleh karena itu kita akan belajar bersama-sama.

Sebelum kirim pesan, pastinya teman-teman harus daftar dulu di salah satu penyedia layanan email. Seperti yahoo, gmail, hotmail, plasa dan lain-lain. Untuk cara yang akan kita pelajari yaitu menggunakan yahoo, karena kebanyakan dari kita mungkin lebih memilih yahoo, selain bisa kirim pesan yahoo juga bisa untuk chating dan kirim pesan ke no ponsel lho.
Ok, yuk langsung saja kita mulai.

Daftarkan identitas diri teman-teman disini, saran saya tentunya dengan identitas yang benar.

Setelah daftar barulah kita sign in ke yahoo, dengan memasukkan nama ID Yahoo dan sandi/password teman-teman, misalnya setio_sunny@yahoo.co.id.



Setelah login, silahkan teman-teman masuk ke mail, kemudian klik pada bagian tulis yang ada di bagian kiri atas (sebelah kanannya tulisan cek mail), kemudian teman-teman akan menjumpai halaman seperti di bawah ini:



Pada bagian Kepada, silahkan teman isi alamat email yang ingin dituju. Sedangkan untuk bagian Cc, kosong tidak masalah, untuk bagian topik, isi maksud pesan anda. Selain itu Anda juga dapat meyertakan file dalam format apa saja. Setelah semua isi pesan sudah selesai, barulah teman-teman kirim pesan tersebut dengan cara mengklik pada tulisan pesan.

Semoga bermanfaat



26.4.09

Safely Your Note


Teman-teman aku mau saling berbagi nih, ketika aku menulis catatan pada media elektronik hususnya menggunakan notepad atau yang lainnya, ternyata cacatan tersebut terbaca oleh orang lain, maklumlah laptopku tidak hanya aku yang memakainya. Padahal catatanku itu bisa dibilang sangat rahasia lho.
Nah dari semua itu aku mencoba menggunakan locknote tentunya yang freeware. Setelah aku mencoba menggunakan aplikasi tersebut, catatan rahasiku tidak ketahuan deh sama orang lain, tapi yang membuat aku khawatir adalah jika sewaktu-waktu kehilangan password untuk membuka aplikasi tersebut. Cara menggunakan aplikasi tersebut bagiku cukup mudah sama halnya ketika anda menggunakan notepad. Pertama kali dibuka aka nada tulisan seperti dibawah ini:
----------------------------------------------------------
Welcome to Steganos LockNote.

Type some text and close Steganos LockNote when you are done. What you typed will be encrypted using a password, which you supply.

You can also drop text documents on Steganos LockNote to turn them into encrypted self-opening documents as well.

You can start over by removing all text. You can also clear the text field to reset the password.

Get more tips and tricks from the Steganos LockNote website:

http://locknote.steganos.com
-----------------------------------------------------------

Nah tulisan tersebut kamu hapus saja semuanya, selanjutnya teman-teman tulis deh catatan pribadi teman-teman. Tapi jangan lupa selalu gunakan save as jika ingin menyimpannya.


22.4.09

Tips Mengurangi Rasa Kantuk


Mungkin Anda pernah merasakan seperti apa yang saya rasakan, yaitu seringnya mengantuk ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung. Setiap dari kita memang berbeda dalam mengatasi sifat buruk ini, ada yang izin keluar untuk cuci muka, ada yang berpindah ke kursi yang kosong dan lain sebagainya yang membuat rasa kantuk bisa hilang. Sebenarnya siapakah yang salah sehingga kita bisa mengantuk?
Menurut sebuah penelitian ternyata sinya-sinyal otaklah yang mesti bertanggung jawab atas tubuh yang mengantuk, namun jika kita selidiki secara mendalam ternyata terdapat beberapa faktor yang menyebabkan manusia merasakan kantuk, yaitu:

Tidak cukup tidur
Menurut sebuah penelitian dalam satu kelas paling tidak setengahnya pernah belajar sampai tengah malam, apalagi jika di kampus atau di tempat kos terdapat layanan hotspot atau sejenisnya, sehingga ada juga sebagian dari kita mungkin belajar sambil online atau sharing-shairng sama teman lewat internet, maka tidaklah heran jika keesokkan harinya mereka mengantuk.

Tidur berlebihan
Tidur yang berlebihan pun tidak baik buat kesehatan karena tidur yang dianjurkan adalah selama enam sampai delapan jam. Tetapi jika malam harinya kita kurang tidur karena sholat malam, maka insya Allah itu bermanfaat buat kita, sehingga Allah akan membantu kita terhindar dari kantuk saat belajar.

Badan yang terlalu letih
Letih karena kuliah mungkin sudah menjadi hal yang biasa, apalagi buat mahasiswa yang menggunakan sistem blok dalam pembelajarannya. Tidak heran jika kita merasa mengantuk ketika badan letih.

Makan terlalu banyak
Sering sekali saya mendapatkan seorang yang makan di warung makan dalam porsi yang banyak. Mungkin karena harganya yang sama ketika dalam porsi sedikit, karena ada juga beberapa warung makan yang ada di jogja ini hanya menghitung lauknya saja. Tapi tidakkah mereka mengetahui kalau makan terlalu banyak makan bisa mendatangkan rasa kantuk. Mengapa demikian? Karena saat memproses makanan perut terlalu banyak oksigen dan tenaga.

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab kantuk maka hal pertama yang harus kita lakukan untuk terhindar dari rasa kantuk adalah dengan belajar dari kesalahan. Seperti halnya seorang yang terpeleset di dalam bengkel, pasti orang tersebut akan bertanya, kenapa saya bisa terjatuh? Oh ternyata karena saya berjalan di tempat yang terdapat olin. Nah, pastinya orang tersebut tidak akan berjalan di tempat yang sama. Sehingga kita juga harus meninggalkan hal-hal yang sudah saya jelaskan di atas. Tapi selain dari itu, saya pernah mendapatkan tips dari sebuah video yang saya dapatkan dari www.e-dukasi.net, pada bagian “Ada Sejuta Misteri” yang insya Allah tidak sulit untuk dikerjakan. Adapun tipsnya yaitu:

Dengan membasuh muka dan tangan dengan air es.
Jika masih mengantuk juga, cara lainnya adalah taruh air es pada baskom, lalu masukkan tangan kalian dalam baskom tersebut. Dan tahan beberapa lama. Ketika dinginnya air berasa ditubuh maka syaraf kembali tenang, darah mengalir lancar dan insya Allah kantuk pun hilang.


Selain itu cara yang biasa dipakai adalah dengan minum segelas air es setiap 30 menit, nah tidak hanya dinginya air yang menghilangkan kantuk, tetapi dengan cara ini maka kalian akan serasa ingin ke kamar kecil. Karena banyak bergerak maka kantuk pun hilang.

Tapi sebaiknya jangan biarkan tubuh kalian menahan kantuk apalagi terjaga hingga larut malam, karena walau kantuk dapat reda tetapi karena kurangnya tidur tubuh kalian akan tetap merasa lelah.


Demikianlah beberapa tips dari saya. Semoga dapat bermanfaat, baik untuk dari saya pribadi maupun untuk para pembaca yang setia kepada blog ini. Jika dari para pembaca memiliki tips yang lainnya bisa menuliskannya pada komentar. Sehingga bisa bermanfaat juga untuk pembaca yang lainnya.


(http://ibnuyatmin.blogspot.com)

21.4.09

Download Murotal Juz 30 Syeikh Musyari' Rasyid (Update)

Before you listen, please you extract file. Use IZArc as extract file, if you don't have IZArc aplication click 1 from server or click 2 from ziddu.

Donwload Murotal Juz 30 click here

You want complete visit to here or to www.downloadmurotal.blogspot.com

20.4.09

Melawan Demam Berdarah (Bagian 3)

Semua telah selesai, aku dan temanku beranjak pulang dari GMC, dengan rasa letih, sakit di kepala, mata dan badan merasakan dingin yang sangat ditambah lagi nyeri di tangan setelah setelah jarum menyiksa diriku. Tetap kupaksakan diriku, terus melawan dan melawan, karena dalam prinsipku jika memiliki penyakit dimanja maka kesembuhan akan lebih lama. Tapi penyakit ini bukan penyakit biasa seperti batuk, flu atau yang lainnya. Ini aku ambil dari pengalaman pribadiku kalau-kalau aku terkena penyakit. Untuk batuk dan flu sudah menjadi kebiasaan penyakit buat diriku (penyakit bulanan/hampir tiap bulan terkena batuk dan flu). Apakah untuk penyakit yang baru ini aku bisa melawannya? Hanya Allah lah yang mengetahui semuanya. Aku terus berdo'a kepada Allah agar penyakit ku ini sembuh dengan cepat.

Sakit itu membuat makan tidak enak, walaupun diberikan makanan seenak apapun tetap saja tidak nafsu. Saat sakit nafsu makanku berkurang, sekalinya makan sering kali makan tersebut dikeluarkan kembali serasa tubuhku menolak untuk dimasukkan makanan. Sesampainya di kos tercinta, aku merasa lemas sekali, tapi tetap aku harus menjalankan kewajibanku yaitu sholat maghrib, aku tidak pergi kemasjid untuk berjama'ah malainkan sholat di kamar. Dan berjama'ah dengan temanku.

Obat yang diberikan sama dokter masih sama seperti yang kemarin yaitu pharacetamol. Aku meminta kepada temanku untuk membelikan bubur ayam dan minuman jus jambu merah. Memang bubur ayam sudah menjadi makanan yang cocok untuk orang yang sakit. Dan untuk jus jambu merah, karena sudah terbukti secara medis bahwa jambu merah bisa menyembuhkan penyakit ini.

Sambil menunggu makanan dan minuman yang aku pesan, aku tertidur dengan tidur yang tidak nyenyak, seperti kebanyakan orang sakit lainnya. Saat tertidur kakakku nelpon dan aku angkat, kakakku menanyakan keberadaanku (di Sukoharjo apa di Jogja) memang aku tidak memberitahukan kepada keluargaku akan hal ini dan sejak pagi aku sudah disuruh ke Sukoharjo oleh ibuku. Tapi aku sudah bilang kalau aku tidak pergi hari ini tapi besok, karena aku sungguh tidak kuat untuk pergi jauh. Semua itu aku lakukan karena aku tidak ingin membuat keluarga cemas akan diriku yang seperti ini. Tapi saat itu aku jujur kepada kakak akan kondisiku yang seperti ini. Kakakku kaget akan berita ini dan menyalahkanku kenapa tidak bilang dari tadi. Aku merasa sangat bersalah saat itu, aku sangat bingung harus bagaimana, aku terus berdo'a kepada Allah untuk kesembuhan penyakitku.

Makanan dan minuman yang aku pesan datang juga, dengan kepaksaan akan memakan makanan bisa juga mejadi perjuangan bagi diriku, karena aku mendapat sarang dari teman kos ku, untuk makan walaupun terasa sulit (maksudnya tidak nafsu makan), karena jika tidak makan itu hanya saja memperparah sakit ini. Setelah makan dan minum jus jambu merah aku lanjutkan dengan meminum obat yang berikan oleh dokter dari GMC, kemudian setelah semua selesai dan temaku pun pulang, aku kembali tidur dan dengan rasa yang lebih tidak nyaman, karena aku terpikir akan keluargaku yang cemas.

Akhirnya berita akan penyakitku ini sampai juga ke ibuku dan keluargaku yang ada di Sukoharjo. Ibuku menelpon dan menanyakan kabarku saat itu, untuk menyenangkan hati ibuku aku katakan kalau aku sudah lebih membaik setelah minum jus jambu merah. Setelah selesai ibuku menelpon, aku melanjutkan tidurku, dan aku masih terus berdo'a agar aku bisa cepat disembuhkan dari penyakitku.

Dalam tidurku aku bermimpi sama seperti ketika aku terkena penyakit demam sewaktu kecil. Mimpi yang aneh dan membuat kepala terasa sakit. Sampai terbangun berkali-kali dengan keluarnya keringat dari tubuh dan membuat baju yang ku pakai menjadi basah dan bau yang tidak sedap. Saat tertidur aku sempat terbangun dan melihat dalam ponselku ada panggilan tidak terjawab lebih dari 10 kali, setelah aku lihat ternyata ibuku menelponi aku.

Aku khawatir akan ibuku yang cemas terhadap diriku. Malam hari aku terbangun dengan keluarnya keringat. Aku teringat kalau aku belum menunaikan sholat isya. Aku lupa jam berapa waktu itu. Langsung saja ketika bangun aku menunaikan sholat isya dengan tidak berdiri karena sangat tidak kuat untuk berdiri saat itu. Selesai sholat aku melanjutkan tidurku, dengan mimpi yang sama membuat tidurku tidak nyenyak.


18.4.09

Kandungan Dari Asap Rokok

Pada artikel sebelumnya pada blog ini telah disinggung tentang bahaya merokok yang ditulis oleh Khansa Arifa, ingin tahu tulisannya klik disini. Nah sekarang kita lihat yuk apa aja sih bahan yang terkandung di dalam asap rokok.
Tapi sebelumnya aku mau ingatin lagi nih, kalo ngerokok itu gak baik deh buat kesehatan.
Apa lagi buat teman-teman yang sekarang ini lagi pada duduk sama orang yang ngerokok. Wah mendingan jauhin aja dulu, ntar klo dia udah gak ngerokok baru deh temen-temen bisa gabung lagi, tapi klo bisa sih temen-temen kasih tau aja bahaya dari ngerokok, kali aja dia yang merokok bisa tergugah hatinya untuk berhenti merokok, dan satu lagi temen-temen bakal dapet tuh yang namanya pahala. Yang penting tugas kita sih cuma ngasih tau aja. Soal hidayah itu biar Allah yang ngatur.
Asap dari rokok itu mengandung banyak zat-zat berbahaya, yuk kita simak:

Pertama TAR, apa sih TAR? Yang pastinya bukan roti tar. Nah TAR yang terkandung di asap rokok ini mengandung bahan kimia yang berberacun dan bisa juga merusak sel paru-paru dan yang lebih gawatnya lagi nih bisa menyebabkan kanker (bukan kantong kering)

Kedua Karbon Monoksida atau rumus kimianya CO, buat anak-anak kimia mungkin dah pada tau yang namanya CO, karena udah makanan setiap hari, hehe. Gas CO ini biasa kita temukan pada asap kendaraan baik mobil maupun motor. Sama halnya pada TAR, gas ini tergolong gas beracun yang dampaknya bisa mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen.

Ketiga Nikotin, nah ini yang menyebabkan perokok kecanduan merokok, jadi buat kamu yang sering ngerokok, mungkin agak sulit meninggalkan. Tapi tidak ada kata tidak sebelum kita mencobanya. Nikotin itu salah satu jenis obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah.
Biar temen-temen semakin jelas akan hal-hal di atas mendingan temen-temen lihat aja gambar di bawah ini:


Setelah ngeliat ih ngeri juga ya, nah kalo dah tau seperti buat temen-temen yang udah sempat ngerokok, berhentilah mulai sekarang. Dan buat temen-temen yang gak ngerokok mendingan jauh-jauh dari yang namanya asap rokok. Karena beberapa tahun terakhir, para ilmuan telah membuktikan bahwa zat-zat kimia yang terkandung dalam asap rokok bisa mempengaruhi orang-orang yang tidak merokok di sekitarnya. Malahan perokok pasif bisa meningkatkan resiko penyakit kankere paru-paru dan jantung koroner. Bahayanya lagi nih sobat klo kita menghisap asap rokok orang lain bisa memperburuk kondisi terkena penyakit. Ingin tau lebih banyak lagi soal rokok coba baca artikel di sini.

Bersambung……

---------------
Penulis: Ade Setio
Artikel www.ibnuyatmin.blogspot.com


Free Ebook Time Management

Susah mengatur waktu? Ingin tahu beberapa trik agar kita dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Dapatkan beberapa buku tentang time management, untuk mendapatkannya silahkan klik disini


17.4.09

Melawan demam berdarah bagian 2

Di CITO Laboratorium

Dokter menyarankan agar sore ini aku ke CITO (salah satu laboratorium yang ada di Jogja) dan diberikan surat pengantar oleh dokter di GMC. Ternyata temanku yang mengantarkan aku pun disuruh cek darahnya, setelah menerima surat pengantar aku dan temanku segera ke lab. CITO. Sekitar pukul 16.30 aku melakukan cek darah. Aku terkejut ketika yang mengambil darahku adalah seorang wanita yang mungkin usianya
sekitar 23-25 tahun-an, tanganku disentuh dan jarumpun masuk kedalam tangan kiriku. Aku merasa tubuh ini lemas ketika selesai proses pengambilan darah. Aku binggung harus bagaimana, apakah aku harus menolak untuk hal ini? Apa ini termasuk darurat sehingga membolehkan seorang laki-laki disentuh oleh seorang wanita?

Menunggu Hasil Pemeriksaan Darah

Rasa pegal ditanganku mulai terasa, entah bagaimana hasilnya aku harus menunggu karena hari ini juga hasil tersebut harus diberitahukan kepada dokter yang di GMC. Sambil menunggu hasil tersebut kami berdua menunaikan sholat ashar, biarpun tubuh ini sakit aku harus tetap menjalankan ibadah yang wajib ini. Kupaksakan tubuh ini untuk menuju ke arah musholah yang ada di lantai dua. Sangat berat sekali langkah ini jika tubuh sedang tidak fit. Belum lagi aku merasakan dingin yang sangat. Aku bertayamum dengan debu yang ada di jendela maupun meja. Kami sholat berjama'ah, temanku yang menjadi imam. Seusai sholat, tubuhku berat sekali untuk digerakkan sehingga akupun tiduran di musholah untuk beristirahat sejenak sambil menunggu hasilnya.

Berita Buruk

Hasilnya pun telah kudapatkan, surat yang ada di dalam amplop itu harus segera keberikan kepada dokter di GMC. Biaya yang ku bayar hanya 25 % dari harga yang ditentukan. Diperjalanan aku membuka surat itu, tapi sama sekali aku tidak paham isi dan maksud surat tersebut. Ada hemoglobin, lekosit, trombosit dan kata-kata ilmu kedokteran yang lainnya. Sesampainya kembali di GMC seperti kebanyakan orang ketika datang yaitu mendaftar dan menunggu di ruang tunggu sampai namanya dipanggil. Setelah dipanggil barulah diberitahu ruangannya. Namaku dipanggil, dan aku menuju keruangan periksa dan dengan dokter yang sama. Hasil dari laboratorium CITO ku serahkan kepada dokter, setelah dibuka dan dibacanya dokter sedikit menjelaskan isi dari surat tersebut, dimana trombosit yang kumiliki dibawah normal (atau 93). Dokter mengatakan kalau aku sudah terkena demam berdarah. Dokter menanyakan “kamu tinggal sama siapa di kos?” aku tinggal sendiri, teman kos ku sedang pulang, jawabku. Memang saat itu masa-masa liburan semester, tetapi tidak untuk jurusan aku. Kemudian dokter menyarankan agar aku dirawat di rumah sakit saja terlebih dahulu di rumah sakit Sardjito sampai keadaan mulai membaik. Untuk biaya hanya bayar 25% nya saja. Tapi aku tidak minat untuk dirawat dirumah sakit, belum lagi biaya dan perawatan di sana cukup mahal, aku pun memilih melawan penyakit tersebut dan bertahan, tapi dokter menyarankan agar setiap 8 jam melakukan cek darah.

Bersambung.........



13.4.09

Memanfaatkan waktu luang

Apakah Anda termasuk orang yang sangat sulit untuk mendapatkan waktu luang. Setiap hari dari pagi sampai malam Anda bekerja dan bekerja. Untuk karir bagi Anda di atas segalanya, sehingga tiada waktu yang disia-siakan. Namun ada saatnya juga Anda harus mengalihkan waktu dan tenaga dari rutinitas seperti itu, jika Anda
tidak ingin stress atau depresi yang selanjutnya akan membahayakan kesehatan baik fisik maupun psikis Anda. Di bawah ini ada beberapa kegiatan yang sangat sehat dan bermanfaat untuk dilakukan di saat waktu senggang Anda:

Olahraga dan rekreasi

Mungkin selama ini Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan atau juga bagi Anda seorang mahasiswa yang sibuk dengan tugas-tugasnya dari pagi sampai malam dan nyaris tidak ada waktu luang untuk urusan lain di luar itu. Ketika ada kesempatan senggang seperti libur week end atau libur semester, pakailah untuk olahraga dan rekreasi, karena akan menyegarkan dan memberi energi baru pada Anda.

Hiburan

Lupakan sejenak semua kepentan dan kerumitan pekerjaan maupun tugas-tugas Anda. Carilah hiburan seperti piknik ke pegunungan, pantai atau yang dapat menghibur diri Anda. Asalkan semua itu tidak mengarah ke hal-hal yang berbau maksiat.

Perjalanan

Waktu luang juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan perjalanan jauh, seperti ke tempat wisata atau kedaerah-daerah pedalaman. Di sana tentunya banyak pengalaman baru yang bisa mengalihkan Anda dari penatnya rutinitas sehari-hari.

Salurkan bakat

Jika Anda merasa memiliki bakat kenapa tidak Anda salurkan bakat tersebut, dengan menyalurkan bakat yang Anda miliki percayalah Anda akan mendapatkan kesegaran dan semangat yang baru.

Sosialisasi

Perbanyaklah bergaul dengan lingkungan sekitar Anda tinggal, kumpul-kumpul dengan sesama warga se-RT. Pergunakan waktu luang Anda dengan menjalin komunikasi dengan tentangga, melalui sarana olahraga, arisan atau kerja bakti.

Kumpul keluarga

Ciptakan kemesraan dengan keluarga, saat yang tepat untuk mengenal lebih dekat karakter anggota-anggota keluarga sendiri, keluarga jauh dan sanak famili adalah dengan berkumpul-kumpul. Paling tidak waktu yang selama ini tersita untuk urusan karir bisa terbayarkan. Meskipun tidak seberapa. Dengan demikian, Anda tidak menjadi orang asing di antara anggota keluara sendiri.

Merapikan tempat tinggal

mengecat dinding rumah atau kamar, membersihkan tempat kos, membersihkan halaman dan sebagainya bisa menciptakan kenyaman dalam kehidupan Anda.

Membenahi kehidupan religius

Jika sebagian besar waktu Anda digunakan untuk urusan duniawi, waktu luang sebaiknya digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Karena ini merupakan tujuan kita diciptakan. Banyak sekali cara untuk mendekatkan diri kepada-Nya, seperti menunaikan amalan sunnah sehari semalam, membaca Al-Qur'an, berziarah ke kuburan, dan yang lainnya, asalkan semua ibadah tersebut ada contohnya dari Al-Qur'an dan Hadist Nabi yang shohih. Ketenangan jiwa akan Anda dapatkan dan ini merupakan kekuatan yang tiada tandingannya dalam menyelesaikan berbagai persoalan hidup.

Akhirnya semua saya kembalikan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, karena hanya atas izin-Nya dan kesungguhan kita semua, sehingga kita bisa memanfaatkan waktu luang yang ada dengan baik.

Referensi: Majalah genie

***
Penulis: Ade Setio
Artikel www.ibnuyatmin.blogspot.com

Download filenya dalam bentuk pdf disini.

Membangun Perilaku Time Management

Pada artikel yang sebelumnya penulis telah memberikan bagaimana cara supaya pintar dalam manajemen waktu. Nah...sesuai dengan janji penulis kemarin, penulis akan memberikan bagaimana cara membangun perilaku time management. Sebelum berlanjut perlu diketahui karena begitu pentingnya
waktu,Tuhan kita pun Allah Subhanahu Wa Ta'ala sampai bersumpah atas nama waktu, dalam firmannya yang artinya: Demi waktu. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal sholeh, dan saling berpesan dengan kebenaran dan saling berpesan dengan kesabaran. (QS. Al 'Asr : 1-3)

Waktu adalah sangat berharga karena tidak dapat dihentikan, sehingga kita harus bisa menata waktu dengan baik supaya kita bisa bekerja lebih efektif, efisien, “cerdas” dan produktif. Semua itu didapat dengan cara membangun perilaku kerja yang peduli dan menghargai nilai waktu yang tiada taranya. Dibawah ini ada beberapa tips untuk membangun perilaku Anda agar peduli dengan management waktu:

Jangan menunda pekerjaan

Bagian yang sulit adalah memulai. Apalagi jika Anda tidak punya cukup bekal untuk mengerjakan suatu tugas. Janganlah menunggu datangnya ide, segera mulai pekerjaan Anda. Ketika Anda memulai, Anda akan mengetahui apa yang harus Anda kerjakan.

Proaktif

Tidak semua yang ingin Anda butuhkan datang dengan sendirinya. Menunggu hanya akan menghabiskan waktu Anda. Mulai sekarang bersikaplah proaktif, jangan hanya berharap dan mengeluhkan keadaan tapi bangkitlah dari kursi Anda dan temui masalah yang menghambat. Selesaikan di tempatnya dengan segera. Perlu diingat kata-kata ini 'bila Anda tidak melakukan apa-apa, Anda pun tidak mendapatkan apa-apa.

Hentikan kegiatan yang menghabiskan waktu

Bermain ke rumah atau kos teman, mengobrol di telepon ataupun ponsel, menjelajah dan chating di internet, saling berkirim email, memang mengasyikkan, bisa menambah wawasan dan jaringan kerja, bahkan bisa mengurangi kelelahan dan stress Anda. Tetapi, jika itu semua itu tidak ada hubungannya dengan apa yang harus Anda kerjakan, maka Anda hanya akan menyia-nyiakan waktu yang sangat berharga, mulai sekarang lakukanlah sesuatu yang benar-benar bermanfaat.

Delegasikan tugas-tugas

Salah satu pembunuh waktu adalah mengerjakan semuanya dengan sendirian. Salah satu idiom manajemen yang kesohor adalah “melakukan sesuatu melalui orang lain”. Ini bukan untuk memberatkan orang lain, namun agar kita bisa mengerjakan sesuatu yang jauh lebih penting dan produktif sesuai dengan kapasitas dan tanggung jawab kita. Pertimbangkan dengan baik jika ingin mendelegasikan tugas-tugas, jangan sampai pendelegasian itu justru menyia-nyiakan waktu orang lain. Waktu yang Anda dan orang lain miliki adalah sangat berharga.

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberikan kemudahan bagi para pembaca dalam membangun perilaku time management, aamiin......

Referensi: Majalah genie

***

Penulis: Ade Setio
Artikel www.ibnuyatmin.blogspot.com

Download filenya dalam bentuk pdf di sini

11.4.09

Pintar Dalam Manajemen Waktu

Apakah Anda pernah merasa waktu sehari kurang untuk menyelesaikan segala sesuatu? Apakah Anda pernah merasa terlambat? Betapa pentingnya waktu, terutama di saat-saat Anda harus menyelesaikan begitu banyak pekerjaan. Anda tentu tidak jarang merasa dikejar-kejar waktu atau dikejar deadline, sehingga tidak salah orang mengatakan ‘waktu adalah emas’.
Berikut ini beberapa tips buat Anda dalam mengatur waktu sehingga insya Allah hidup Anda bisa tertata dengan baik. Selamat membaca dan semoga bermanfaat. Sebelumnya saya mengutip artikel ini dari sebuah majalah bernama “genie” yang saya dapatkan dari rumah Pakdeh saya sehabis jogging ke PM(Plaza Metropolitan) Tambun.

1.Buat daftar “yang harus dilakukan” setiap hari.

Tempatkan pada urutan paling atas untuk hal-hal yang paling penting dan lakukan itu pada kesempatan pertama. Jika hasil yang Anda capai memuaskan, jangan lupa memberi pujian atau hadiah untuk diri sendiri.

2.Gunakan waktu luang dengan baik.

Beberapa bacaan atau kertas tugas dapat dipelajari selama perjalanan di dalam bus (daripada melamun yang tidak-tidak, iya kan?)

3.It’s Okay to say “No”.

Jika ada tugas mendadak yang datang dari orang lain atau atasan sehingga Anda harus lembur, sementara esok harinya ada tugas yang lebih penting yang harus diselesaikan, jangan sungkan menolak dengan alas an yang masuk akal. Artinya, Anda harus disiplin dan patuh pada prioritas- prioritas jangka pendek dan jangka panjang yang telah dibuat.

4.Temukan waktu dan mood yang tepat.

Anda akan bekerja secara efisien dan efektif jika Anda bisa mengindentifikasikan kapan waktu dan mood yang tepat untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Sebagai contoh, jika otak Anda terasa encer di sore hari untuk mengerjakan hitung-hitungan, jangan ditunda sampai larut malam.

5.Lakukan review pada catatan setiap hari.

Lihat kembali catatan atau tugas yang sudah Anda kerjakan, sehingga selain mengoreksi kesalahan yang mungkin ada, juga penguasaan Anda akan materi itu semakin bagus.

6.Komunikasi skedul anda pada orang lain.

Teman-teman, rekan bisnis atau anggota keluarga Anda perlu tahu rencana dan skedul kegiatan Anda, sehingga mereka tahu kapan Anda sibuk, kapan Anda punya waktu luang dan sebagainya.

7.Buat budgeting waktu.

Hitunglah jumlah waktu luang Anda dalam sepekan. Buatlah rencana untuk diri Anda sendiri sesuai waktu luang itu dan sesuaikan aktivitas Anda.

8.Jangan larut dalam kegagalan atau kekecewaan.

Apakah Anda menghabiskan seluruh waktu hanya untuk menyesali diri karena gagal melakukan suatu tugas atau tidak sempat melakukannya? Apakah itu sangat fatal? Dari pada harus terus merenung, lebih baik lakukan sesuatu, meskipun sedikit.

9.Tetapkan tujuan yang realistis.

Tujuan yang terlalu tinggi atau tidak realistik hanya akan membuat Anda gagal dan stress.

10.Mengetahui lama waktu yang dibutuhkan untuk suatu tugas.

Anda harus tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untu menyelesaikan tugas-tugas sehingga itu akan menuntut Anda bersikap realistis. Anda juga perlu mempertimbangkan kemampuan Anda dan tim Anda dalam menyelesaikan tugas.

11.Jangan terpaku pada lama waktu yang Anda rencanakan.

Jika bisa diselesaikan lebih cepat, kenapa tidak segera dituntaskan, sehingga Anda bisa mengerjakan yang lain. Mungkin tugas atau rencana berikutnya sangat membutuhkan waktu agak longgar untuk mencapai hasil yang maksimal.

12.Kerjakan satu per satu.

Salah satu kunci sederhana dalam manajemen waktu adalah fokus pada suatu aktivitas. Anda takkan bisa mengerjakan dua tugas sekaligus dengan intensitas perhatian yang sama.

13.Hindari hal-hal kecil yang menyita waktu.

Disiplin untuk tetap mengerjakan apa yang telah Anda urutkan sesuai dengan prioritas. Sesekali Anda tergoda untuk melakukan hal-hal kecil itu boleh-boleh saja, tapi gunakan itu untuk refreshing dan menyegarkan pikiran kembali. Tapi, jangan sampai keterusan dan meyita lebih banyak waktu Anda.

14.Gunakan alat bantu Time Management.

Sekarang sudah banyak dijual berbagai produk manajemen waktu, seperti agenda, to do list dan lain-lain.

Terimakasih kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memudahkan jalanku untuk mencari sebuah ilmu. Dan saya ucapkan juga terimakasih kepada majalah genie yang telah memberikan sebuah tips yang bagus. Insya Allah Artikel selanjutnya masih berhubungan dengan manajemen waktu yaitu membangun perilaku time management.

Referensi: Majalah genie

***
Penulis: Ade Setio
Artikel www.ibnuyatmin.blogspot.com

Download filenya dalam bentuk pdf klik disini

4.4.09

Solusi Permasalahan ketika memberi ukuran pada program Inventor Versi 5

Pernahkan anda mengalami masalah ketika memberikan ukuran pada program Inventor versi 5,
padahal laptop yang anda miliki bisa dikatakan laptop yang memiliki kriteria/spesifikasi yang bagus? Jika ya jawabannya maka di bawah ini ada sedikit cara agar kita bisa menggunakan program tersebut dengan nyaman terutama ketika memberikan ukuran. Berikut langkah-langkahnya:

1.Klik kanan pada dekstop anda kemudian pilih properties. Sehingga akan tampil bagian Display Properties. Atau dapat juga melalui Control Panel dan pilih Display.


2.Pada Display Properties pilih tab menu Settings dan pilih Advanced.


3.Kemudian pada bagian properties VGA kita pilih Troubleshoot dan kemudian sorot ke bagian Hardware Acceleration dan geser posisi dari Full ke None. Kemudian klik Apply.



4.Restart komputer Anda dan lihat bedanya!

Selamat Mencoba !!!

***
Penulis: A. Setio Bin Yatmin

Artikel www.ibnuyatmin.blogspot.com




3.4.09

Ucapkan Ya Untuk Pernikahan Dini

Ada salah satu dari temanku bercerita ketika kami sedang makan-makan dan minum-minum di FoodCourt walaupun hanya dengan nasi kucing dan segelas es teh. Temanku bercerita kalau teman dari temannya
telah menghamili seorang gadis (mahasiswi) katanya sih di tempat kosnya tersebut sangat bebas, dalam arti boleh membawa teman perempuan masuk ke kamar. Entah bagaimana kejadian yang sangat di benci Allah tersebut bisa terjadi. Jika ingin melakukan hal tersebut kenapa sih gak nikah dulu aja, bukankah kalo sudah nikah tidak ada yang perlu ditakutkan. Itulah hal menyebabkan aku mencoba memposting tulisan dari majalah ElFata Vol. 4 no. 06/2004.

Pada tahun 80-an masyarakat Yogyakarta dibuat heboh dengan hasil penelitian seorang pelajar SMU yang menunjukkan semakin mananjaknya angka pergaulan bebas dikalangan mahasiswa. Kini mereka dibuat gempar lagi dengan penelitian serupa. Hasilnya 97.05 % mahasiswi kota pelajar yang menjadi responden ini ternyata sudah raib keperewanannya saat masih kuliah. Na’udzubillah! Angka tersebut diperoleh dari penelitian yang digarap oleh Lembaga Studi Cinta dan Kemanusiaan dan Pusat Pelatihan Bisnis dan Humaniora (LSCK PUSBIH).

Yang mengherankan, semua responden mengaku melakukan hubungan seks tanpa paksaan dan tekanan dari siapapun alias suka sama suka dan merasa ada kebutuhan. Bahkan sebagian mengaku telah melakukannya dengan lebih dari satu pasangan dan ini tidak bersifat komersil.

Menurut lip Wijayanto, Direktur Eksekutif LSCK PUSBIH penelitian dilakukan selama 3 tahun berturut-turut terhitung mulai Juli 1999 sampai Juli 2002 dengan melibatkan 1660 responden dari 16 perguruan tinggi negeri atau swasta di Yogyakarta.

Dari semua responden tersebut 97,05 % mengaku sudah hilang keperawanannya saat masih kuliah. Hanya 3 responden saja (0,18 % saja) yang mengaku sama sekali belum pernah melakukan kegiatan seks termasuk masturbasi. “Ketiga responden juga mengaku belum pernah mengakses tontonan/bacaan berbau seks”, ungkap lip Wijayanto. (detik.com)

Siapa dalangnya?

Meski tidak seratus persen percaya dengan hasil survey tersebut tapi kita tetap layak untuk mengelus dada. Ternyata kejadian seperti kasus di atas bukan hanya bikin kelabakan manusia di tanah air kita saja. Amerika yang liberal bin sekuler saja juga tengah panik menyaksikan detik-detik kehancuran remajanya yang kian heboh melakukan pergaulan bebas. Data dari peneliti di Boston, Massachusetss, AS menyebutkan 47 % pelajar SMP kelas 3 Amerika telah melakukan seks bebas. Hanya 23 % saja yang tidak mau pacaran tapi oke-oke saja diajak berbubungan seks (sama saja bohong).

Lalu bagaimana dengan siswa SMU-nya? Waah… lebih takut lagi! Data yang diperoleh PBB menunjukkan bahwa lebih dari 80 % siswa SMU Amrik pernah ber-seks bebas. Setidaknya mereka mengaku pernah melakukan sekali saat di survey PBB.

Bahkan parahnya mereka menganggap bahwa hal itu adalah wajar-wajar saja. Bahkan ada juga yang setuju sekali dengan buhungan macam itu. Setidaknya 30,4 % yang OK dan setuju sama seks bebas dan 47,8 % yang berpendapat kalau hal tersebut bisa dimaklumi.

Nikah Dini?

Nah, semua data yang sudah terungkap disini seharusnya membuat para orangtua khawatir saat menjumpai anak-anak kesayangannya pada melakukan apa yang disebut sebagai pacaran. Begitupun dengan para aktivis fundamentalis pacaran semestinya sadar diri dan memulai berpikir panjang kembali jika mau meneruskan aktivitas haram itu.

Dari pada pacaran yang full maksiat seperti itu lebih baik berpikir solusi yang paling aman sekaligus berpahala. Satu-satunya solusi yang tanpa resiko dosa dan so pasti terjamin keamanannya hanyalah segerakan menikah!

Walau tidak sedikit kamu yang protes berat baik dari kalangan orangtua atau remaja sendiri. Sebab buat kebanyakan remaja yang namanya nikah dini itu sama sekali tidak terbayang rasanya. Saat ini yang mereka tahu hanya main, main dan main terus! Bahkan yang namanya pacaran buat mereka dianggap hanya main-main saja! Lho kok main-main sama anak orang? Remaja yang sudah siap dari segi material saja mengaku tidak waktu ditantang nikah sama pacarnya. Usut punya usut ternyata dia memang tidak mau mempunyai komitmen dan terkait dengan pasangan hidupnya. Ia sendiri punya pacar lebih dari satu lho..

Ancaman Remaja Makin Global

Ingat ya kalau remaja kita diberi lampu merah buat nikah muda lalu bagaimana upaya untuk menanggulangi pergaulan remaja yang semakin brutal ini? Padahal masa transisi dari anak-anak menuju dewasa berlangsung lebih cepat. Bahkan usia saat berhubungan seks pertama ternyata selalu lebih muda dari pada usia ideal menikah.

Informasi global (audio visual) yang semakin mudah diakses adalah salah satu bahaya laten yang mengancam remaja dimana-mana. Pada akhirnya, tidak bisa dipungkiri siapapun kalau faktor tadi akan mempercepat usia awal seksual aktif serta berekses pada kebiasaan berperilaku seksual beresiko tinggi. Film-film yang hot, mulai dari berdua-duaan, berpelukan, bahkan aktivitas yang lebih jauh lagi ditambah dengan tontonan aurat gratis berseliweran dimana-mana. Ini semua tentu tambah menstimulan remaja untuk hobi mengkhayal yang tidak-tidak. Sehingga mereka semakin cepat menuju kedewasaan.

Nikah Dini = Solusi Teraman

So, pertanyaan besar yang harus dijawab oleh para orangtua dan remaja yang masih tidak setuju dengan pernikahan dini, apa solusi bagi para remaja di tengah arus informasi yang semakin tidak karuan ini?? Apa iya harus rela melegalkan free sex?
Disinilah hebatnya islam yang dengan tegas mendorong para pemuda yang sudah mampu untuk segera menikah.

“Wahai para pemuda, barang siapa yang telah mampu hendaknya menikah, sebab menikah itu akan lebih menundukan pandangan dan akan lebih menjaga kemaluan. Kalau belum mampu hendaknya berpuasa sebab berpuasa akan menjadi perisai bagimu” (Bukhari dan Muslim)

Siap-siap

Tapi bagaiman jika para remaja belum juga siap mental? Naah... bukankah sudah menjadi tugas orangtua untuk menyiapkan anak-anaknya agar bisa berpikir dewasa dan matang sehingga sudah bisa memahami apa yang disebut dengan tanggung jawab. Jadi walau mereka belum berpikir untuk nikah tapi sudah mempunyai kepribadian yang matang, Usamah bin Zaid saja menjadi panglima perang saat usianya masih 18 tahun lho?
Bagaimana kalau soal ekonomi? Katanya Muhammad Fauzhil 'Adhim (peulis buku “Indahnya Pernikahan Dini” dan buku-buku lain tentang pernikahan) bahwa para pria tidak mau menikah karena soal ekonomi adalah korban kapitalisme.

Buktinya.... Muhyono mahasiswa semester 5 jurusan Matematika IPB yang baru 20 tahun yang menikahi kakak kelasnya yang mengambil jurusan Kimia semester 11 ini berkomentar “Menurut saya yang paling penting dalam memulai pernikahan adalah keyakinan pada Allah bahwa Allah akan memudahkan rezeki kepada mereka yang menikah. Hal inilah yang memunculkan optimisme saya untuk memasuki jenjang pernikahan. Alhasil sejak saya menikah bulan Mei 2002 saya sudah mandiri dan tidak pernah disuplai orangtua”.

Percaya tidak nikah itu bukan soal ekonomi tetapi lebih kesoal kematangan pemikiran dan keyakinan. Walaupun soal kematangan diri dalam memimpin rumah tangga ini bukan hal gampang meski tidak bisa juga dibilang susah. Interaksi dengan nilai-nilai islamiyah yang membuat seorang matang dan sadar diri. Kuncinya : mau belajar dan menerima segala kelebihan dan kekurangan pasangan kita. Ini bukan pula soal umur lhoooo. Tidak sedikit yang nikah di usia dewasa tapi karena tidak pernah ta'lim/belajar ilmu agama yang benar akhirnya bubar juga ditengah jalan! Bakankah Aisya menikah diusia yang teramat muda? Siapa berani mencontoh Aisya?

Kalau begitu apa yang layak kita ucapkan untuk pernikahan dini islami? Katakanlah ya!