30.4.09

8 Keutamaan dan Fungsi PLC (Programmable Logic Controllers)


Bagi mahasiswa jurusan elektro memang wajar jika memperlajari PLC, tapi bagaimana dengan jurusan Mesin, ternyata jika Anda mengambil jurusan mesin maka Anda akan mendapatkan materi kuliah dan praktikum PLC, jadi tidak rugi lho kalau mengambil jurusan mesin. Nah kalian sudah tahu belum tentang PLC,
mungkin sebagian dari kita tidak menyadari kalau di sekitarnya menggunakan sistem PLC. Misalnya seperti pada rambu lalu lintas, bel yang berbunyi otomatis atau lampu halaman sekitar anda yang menyala otomatis pada jam tertentu dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi dalam penggunaannya.

Untuk apa sih PLC itu? Fungsi awal dari PLC itu sendiri adalah menggantikan rangkaian sederetan relay yang sering dijumpai pada sistem kontrol proses konvensional. Relay yang dimaksud tadi adalah relay mekanik/elektromekanik. sehingga masih memiliki banyak kelemahan, diantaranya kontak-kontak yang dipakai mudah aus karena panas/terbakar atau karena hubung singkat, sehingga membutuhkan biaya yang cukup besar saat instalasi, pemeliharaan dan modifikasi dari sistem yang telah dibuat jika dikemudian hari deiperlukan modifikasi. Nah alasan mengapa sederetan relay tersebut diganti adalah karena sistem PLC mengintegrasikan berbagai macam komponen yang berdiri sendiri menjadi suatu sistem kendali terpadu dan dengan mudah merenovasi tanpa harus mengganti semua instrumen yang ada.

1. Setelah kita mengetahui fungsi dari PLC itu sendiri, ada beberapa keuntungan dari PLC, sehingga banyak industri yang lebih memilih dengan menggunakan PLC.

2. Jumlah kabel yang digunakan jauh lebih sedikit, sehingga proses perawatan dan perbaikan menjadi lebih mudah dan murah.

3. Mengkonsumsi/menggunakan daya lebih rendah

4. Pada fungsi diagnostiknya membolehkan pendeteksian kesalahan yang mudah dan cepat.

5. Perubahan dan urutan operasi atau proses/aplikasi dapat dilakukan dengan mudah, hanya dengan melakukan perubahan atau penggantian program, baik melalui terminal konsol atau melalui computer PC.

6. Tidak memerlukan spare part yang banyak.

7. Lebih murah jika dibandingkan dengan system konvensional, khususnya dalam penggunaan instrument I/O yang cukup dan fungsi operasional prosesnya cukup kompleks.

8. Ketahanannya jauh lebih baik dibandingkan dengan relay auto-mekanik.

Semoga bermanfaat……






5 comments:

  1. bagus nih, pas buat referensi tambahan ilmu.

    ReplyDelete
  2. tampilkan fungsi kode terminal input dan out put pd plc

    ReplyDelete
  3. emangnya dtm belajar plcnya kpan mas
    semester brp ?
    terima kasih

    ReplyDelete
  4. terima kasih atas infonya..
    pleace, visit back to st3telkom.ac.id

    ReplyDelete
  5. terima kasih atas infonya..
    pleace, visit back to st3telkom.ac.id

    ReplyDelete