22.4.09

Tips Mengurangi Rasa Kantuk


Mungkin Anda pernah merasakan seperti apa yang saya rasakan, yaitu seringnya mengantuk ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung. Setiap dari kita memang berbeda dalam mengatasi sifat buruk ini, ada yang izin keluar untuk cuci muka, ada yang berpindah ke kursi yang kosong dan lain sebagainya yang membuat rasa kantuk bisa hilang. Sebenarnya siapakah yang salah sehingga kita bisa mengantuk?
Menurut sebuah penelitian ternyata sinya-sinyal otaklah yang mesti bertanggung jawab atas tubuh yang mengantuk, namun jika kita selidiki secara mendalam ternyata terdapat beberapa faktor yang menyebabkan manusia merasakan kantuk, yaitu:

Tidak cukup tidur
Menurut sebuah penelitian dalam satu kelas paling tidak setengahnya pernah belajar sampai tengah malam, apalagi jika di kampus atau di tempat kos terdapat layanan hotspot atau sejenisnya, sehingga ada juga sebagian dari kita mungkin belajar sambil online atau sharing-shairng sama teman lewat internet, maka tidaklah heran jika keesokkan harinya mereka mengantuk.

Tidur berlebihan
Tidur yang berlebihan pun tidak baik buat kesehatan karena tidur yang dianjurkan adalah selama enam sampai delapan jam. Tetapi jika malam harinya kita kurang tidur karena sholat malam, maka insya Allah itu bermanfaat buat kita, sehingga Allah akan membantu kita terhindar dari kantuk saat belajar.

Badan yang terlalu letih
Letih karena kuliah mungkin sudah menjadi hal yang biasa, apalagi buat mahasiswa yang menggunakan sistem blok dalam pembelajarannya. Tidak heran jika kita merasa mengantuk ketika badan letih.

Makan terlalu banyak
Sering sekali saya mendapatkan seorang yang makan di warung makan dalam porsi yang banyak. Mungkin karena harganya yang sama ketika dalam porsi sedikit, karena ada juga beberapa warung makan yang ada di jogja ini hanya menghitung lauknya saja. Tapi tidakkah mereka mengetahui kalau makan terlalu banyak makan bisa mendatangkan rasa kantuk. Mengapa demikian? Karena saat memproses makanan perut terlalu banyak oksigen dan tenaga.

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab kantuk maka hal pertama yang harus kita lakukan untuk terhindar dari rasa kantuk adalah dengan belajar dari kesalahan. Seperti halnya seorang yang terpeleset di dalam bengkel, pasti orang tersebut akan bertanya, kenapa saya bisa terjatuh? Oh ternyata karena saya berjalan di tempat yang terdapat olin. Nah, pastinya orang tersebut tidak akan berjalan di tempat yang sama. Sehingga kita juga harus meninggalkan hal-hal yang sudah saya jelaskan di atas. Tapi selain dari itu, saya pernah mendapatkan tips dari sebuah video yang saya dapatkan dari www.e-dukasi.net, pada bagian “Ada Sejuta Misteri” yang insya Allah tidak sulit untuk dikerjakan. Adapun tipsnya yaitu:

Dengan membasuh muka dan tangan dengan air es.
Jika masih mengantuk juga, cara lainnya adalah taruh air es pada baskom, lalu masukkan tangan kalian dalam baskom tersebut. Dan tahan beberapa lama. Ketika dinginnya air berasa ditubuh maka syaraf kembali tenang, darah mengalir lancar dan insya Allah kantuk pun hilang.


Selain itu cara yang biasa dipakai adalah dengan minum segelas air es setiap 30 menit, nah tidak hanya dinginya air yang menghilangkan kantuk, tetapi dengan cara ini maka kalian akan serasa ingin ke kamar kecil. Karena banyak bergerak maka kantuk pun hilang.

Tapi sebaiknya jangan biarkan tubuh kalian menahan kantuk apalagi terjaga hingga larut malam, karena walau kantuk dapat reda tetapi karena kurangnya tidur tubuh kalian akan tetap merasa lelah.


Demikianlah beberapa tips dari saya. Semoga dapat bermanfaat, baik untuk dari saya pribadi maupun untuk para pembaca yang setia kepada blog ini. Jika dari para pembaca memiliki tips yang lainnya bisa menuliskannya pada komentar. Sehingga bisa bermanfaat juga untuk pembaca yang lainnya.


(http://ibnuyatmin.blogspot.com)

5 comments:

  1. setuju banget gw yo, secara ngroko yu ga da gunanya, udah gitu buang-buang duit percuma lagi, pokonya ga b;guna bgt dah tu rokok

    ReplyDelete
  2. Klu Ditanya yang salah Spa? y 2_2nya.....
    Klu dari segi Dosen mungKin DosenY garing banget waktu nerangin makaY...mhsW'Y pada ngantuk gak ada canda tawaY sama sX atAu c Dosen yang killer Abizzz jadi mo ngapa2in juga takut Zooooo...
    Klu dari segi mHswY ndiri mungkin Dia kurang suka dengan dosen oR pLjRanY makaY dia males Tuk Ngikutin pLjaran_ujung2Y juga Jadi Ngantuk DcH
    PokokY Bnyak BgT hal2 yang menyebabkan Ngantuk dikelas

    ReplyDelete
  3. @Rzhea: bener juga mbak, terkadang memang seperti itu, klo dosen gak sering-sering humor, malah bikin ngantuk.

    ReplyDelete
  4. @shinegreen : bener Nas, memang rokok gak ada gunanya, bahkan sama aja ngebakar duit.....heheh.....

    ReplyDelete
  5. yah paling seseorang pada saat itu mungkin kelelahan,bisa jd dia kurang tidur atau kebanyakan tidur. maka dari itu tidur secukupnya yah sekitar 8-5 jam. tetapi ad jg bkn itu permasalahnya.
    besar kemungkinan dari dosen yang kurang menunjukan penjelasan yang kurang menarik kepada mahasiswanya, dan si mahasiswanya tersebut tidak menangkap hasil dari penjelasan dosen tersebut. jadi bisa kedua-duanya yang salah.
    tetapi itu bkn alasan yang betul jg,,,soalnya klo seseorang mahasiswa tersebut bener2 serius kuliah, pastinya rasa ngntuk itu pun menghalanginya.

    ReplyDelete