18.4.09

Kandungan Dari Asap Rokok

Pada artikel sebelumnya pada blog ini telah disinggung tentang bahaya merokok yang ditulis oleh Khansa Arifa, ingin tahu tulisannya klik disini. Nah sekarang kita lihat yuk apa aja sih bahan yang terkandung di dalam asap rokok.
Tapi sebelumnya aku mau ingatin lagi nih, kalo ngerokok itu gak baik deh buat kesehatan.
Apa lagi buat teman-teman yang sekarang ini lagi pada duduk sama orang yang ngerokok. Wah mendingan jauhin aja dulu, ntar klo dia udah gak ngerokok baru deh temen-temen bisa gabung lagi, tapi klo bisa sih temen-temen kasih tau aja bahaya dari ngerokok, kali aja dia yang merokok bisa tergugah hatinya untuk berhenti merokok, dan satu lagi temen-temen bakal dapet tuh yang namanya pahala. Yang penting tugas kita sih cuma ngasih tau aja. Soal hidayah itu biar Allah yang ngatur.
Asap dari rokok itu mengandung banyak zat-zat berbahaya, yuk kita simak:

Pertama TAR, apa sih TAR? Yang pastinya bukan roti tar. Nah TAR yang terkandung di asap rokok ini mengandung bahan kimia yang berberacun dan bisa juga merusak sel paru-paru dan yang lebih gawatnya lagi nih bisa menyebabkan kanker (bukan kantong kering)

Kedua Karbon Monoksida atau rumus kimianya CO, buat anak-anak kimia mungkin dah pada tau yang namanya CO, karena udah makanan setiap hari, hehe. Gas CO ini biasa kita temukan pada asap kendaraan baik mobil maupun motor. Sama halnya pada TAR, gas ini tergolong gas beracun yang dampaknya bisa mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen.

Ketiga Nikotin, nah ini yang menyebabkan perokok kecanduan merokok, jadi buat kamu yang sering ngerokok, mungkin agak sulit meninggalkan. Tapi tidak ada kata tidak sebelum kita mencobanya. Nikotin itu salah satu jenis obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah.
Biar temen-temen semakin jelas akan hal-hal di atas mendingan temen-temen lihat aja gambar di bawah ini:


Setelah ngeliat ih ngeri juga ya, nah kalo dah tau seperti buat temen-temen yang udah sempat ngerokok, berhentilah mulai sekarang. Dan buat temen-temen yang gak ngerokok mendingan jauh-jauh dari yang namanya asap rokok. Karena beberapa tahun terakhir, para ilmuan telah membuktikan bahwa zat-zat kimia yang terkandung dalam asap rokok bisa mempengaruhi orang-orang yang tidak merokok di sekitarnya. Malahan perokok pasif bisa meningkatkan resiko penyakit kankere paru-paru dan jantung koroner. Bahayanya lagi nih sobat klo kita menghisap asap rokok orang lain bisa memperburuk kondisi terkena penyakit. Ingin tau lebih banyak lagi soal rokok coba baca artikel di sini.

Bersambung……

---------------
Penulis: Ade Setio
Artikel www.ibnuyatmin.blogspot.com


No comments:

Post a Comment