19.11.09

Cara Mudah Untuk Berhenti Merokok


Pernah ada seseorang bertanya kepada saya lewat sebuah email, dia menanyakan bagaimana cara untuk berhenti merokok. Memang sukar untuk saya jawab langsung, karena saya sendiri bukanlah seorang perokok aktif. Intinya sih kalau ingin berhenti merokok, kita harus sadar akan bahaya yang ditimbulkan dari rokok tersebut, dan jangan lupa untuk selalu membaca dan memahami kata yang terdapat pada bungkus rokok tersebut. Tentunya orang yang “cerdas” tidak akan melakukan hal yang tentunya menimbulkan bahaya, bukan? Termasuk dalam hal ini adalah merokok. Bukankah sudah sangat jelas, bahwa merokok itu suatu tindakan yang membahayakan, tidak hanya bagi orang yang merokok saja tetapi orang yang tidak merokok pun (perokok pasif) dapat terkena dampaknya, bahkan 2 kali lipat.

Dari beberapa orang (perokok) yang saya temui mengatakan bahwa untuk berhenti merokok itu adalah suatu hal yang sukar, mungkin Anda pun berpikiran seperti ini, bukan? Yang perlu diketahui adalah bagaimana mungkin anda mengatakan sukar, jika Anda sendiri belum melakukannya/mencobanya. Setelah saya mencari di google dengan kata kunci “tips berhenti merokok” ternyata banyak beragam cara untuk melakukannya dan itu dilakukan dengan caranya sendiri-sendiri. Pastinya kalian juga memiliki cara tersendiri untuk berhenti merokok, bukankah kalian sudah dewasa? Tentunya lebih bisa untuk berpikir. Terlebih lagi jika kalian (para perokok) seorang mahasiswa/pelajar, atau seorang dosen/guru sekalipun pasti lebih dari mereka yang tidak sekolah/kuliah bukan?

Dari informasi kesehatan yang saya dapat mengenai tips berhenti merokok menyebutkan beberapa cara untuk membantu Anda mengurangi kebiasaan merokok, diantaranya adalah:

Catat kemajuan Anda. 

Meskipun Anda mencoba untuk berhenti merokok secara bertahap/perlahan tetapi konsisten, yang penting adalah menetapkan kapan Anda akan betul-betul meninggalkan rokok. Saran dari Don R. Powel,  Ph.D.  ketua American Institute for Preventive Medicine di Farmingto Hills, Michigan, yang juga seorang mantan perokok adalah mencatat setiap batang rokok yang Anda hisap dimana pun dan dalam kondisi apapun. Karena ini akan memudahkan Anda untuk mengindentifikasi situasi-situasi yang menyebabkan Anda merokok lalu menentukan alternatif lain sebagai pengganti merokok.

Tahan keinginan Anda. 

Dr. Powell mengatakan “apabila Anda berhenti merokok secara bertahap, maka setiap kali Anda merasakan dorongan untuk merokok, tunggulah 5 menit sebelum menyalakannya. Setelah beberapa hari, perpanjanglah penundaan itu hingga 10 menit. Dan beberapa hari kemudian perpanjang lagi menjadi 15 menit, dan seterusnya. Selanjutnya Anda akan menemukan bahwa dorongan untuk merokok semakin lama akan menghilang semakin cepat”.

Cari pertolongan. 

Mintalah dukungan dari teman-teman dan keluarga, atau dari perkumpulan/komunitas yang memiliki keinginan yang sama untuk berhenti merokok. Karena dengan dukungan dari beberapa orang insya Allah hasilnya akan jauh berbeda.

Minum sari jeruk.

Seorang peneliti ketergantungan nikotin dan dosen ilmu kesehatan mulut di University of Kentucky di Lexington mengatakan bahwa Bagian yang paling sukar dari cara berhenti merokok secara langsung dan menyeluruh adalah ketika Anda harus mengatasi reaksi-reaksi akibat hilangnya asupan nikotin, dan ini bisa berlangsung selama satu atau dua pekan. Akan tetapi Anda akan lebih mudah mengatasi reaksi-reaksi seperti mudah tersinggung, cemas, bingung, sulit kosentrasi, dan sulit tidur akibat penghentian asupan nikotin secara cepat apabila Anda banyak meminum sari jeruk selama masa itu. Karena dengan meminum sari jeruk membuat urin Anda lebih asam, sehingga dapat lebih cepat mengusir nikotin dari tubuh Anda.

 Jauhi Bar dan Kafe. 

Godaan terbesar untuk merokok kembali adalah ketika Anda pergi ke Bar atau Kafe. Dr. Jorenby mengatakan: “Kebanyakan orang adalah jika tangan yang satu memegang minuman, maka tangan yang lain harus memegang rokok. Oleh sebab itu jauhi dahulu Bar atau Kafe selama setidaknya 2 pekan pertama setelah berhenti merokok”. Sebaliknya perbanyaklah pergi ke perpustakaan, tempat ibadah, dan tempat-tempat umum lainnya yang melarang orang untuk merokok. “Orang yang berhenti merokok tidak perlu bersumpah untuk tidak akan kembali ke Bar atau se Kafe, karena berdasarkan pengalaman kami, tempat itu akan mengundang resiko yang sangat tinggi bagi Anda”.

 Tulis surat kepada istri tercinta.

Robert Van Castle, Ph.D,, profesor emeritus di University of Virginia Medical Center di Charlottesville, mengatakan bahwa Ketika ketergantungan nikotin menyerang Anda, angkatlah pena kemudian tulis surat kepada istri Anda yang menerangkan mengapa merokok sangat penting dalam hidup Anda. Dalam surat itu cobalah menerangkan mengapa Anda meneruskan kebiasaan itu walaupun Anda mengetahui bahwa perbuatan itu akan mengurangi umur Anda dan mungkin tidak akan dapat menyaksikan putra Anda lulus dari perguruan tinggi, lalu menikah atau pertistiwa penting lain.

***
Penulis: Ibnu Yatmin
Artikel: www.ibnuyatmin.blogspot.com



5 comments:

  1. nga tau cara.y gmna cara berhenti merokok.,,

    ReplyDelete
  2. Masih gak tau juga ya, padahal klo kita sudah tau dampak akan bahaya rokok pasti gak akan deh ngedeketin yang namnya rokok.......

    coba jalanin cara-cara diatas dengan sedikit demi sedikit dan bersabar....

    ReplyDelete
  3. eko .,.,.,eh clh oke bos akan saya coba

    tios diatas .,.,?

    it's very goo

    ReplyDelete
  4. Semangat ya dalam ngejalanin cara2 di atas dan tetap istiqomah.....

    ReplyDelete
  5. ARTIKELNYA bagus banget..tapi terlalu ribet bro,krn butuh waktu yg lama,serta niat yg kuat..biasanya kalo yg perokok berat kaya gw(tp gw dah sembuh)ga mau ky gitu krn terlalu ribet..nih gw kasi tips yang hitungan detik ente2 bisa ga mau ngerokok lg..krn gw dah ngejalanin,dan berhasil serta banyak lg yg berhasil..gw dulu diterapi sama kawan tanpa obat,tanpa jamu dan ga ribet..cukup gw pake aja tuh barang,eh langsung rokok gw berbungkus2 rasanya ilang..dan tiap gw ngeroko rasanya pahit,dan pusing..akhirnya 3 hari gw bener2 lepas rokok sama sekali..Gw susah nerangin caranya bro,mending loe konsul sm yg udah ngobatin gw sampe sembuh..nih nomernya:021-33366396,,Good Luck yach..

    ReplyDelete