22.2.10

Siklus Hidup Alamiah Fungsi Tubuh Manusia

Sebelum masuk ke inti dari judul di atas, saya ingin memberitahu bahwa tulisan ini saya dapat ketika sedang asyik membaca media cetak di salah satu pencucian motor di daerah Tambun. Memang ide yang bagus tatkala pemilik pencucian motor memberikan fasilitas bacaan (seperti koran, majalah, atau buku-buku lainnya yang bermanfaat), sehingga para pengunjung tidak jenuh dalam menunggu motornya yang sedang dicuci. Tema yang saya baca tentu tidak hanya satu saja, dan saya lebih tertarik dengan judul yang saya angkat ini. Jika hanya menggunakan modal otak saja tentu bisa cepat lupa, oleh karena itu saya menggunakan cara memotret tulisan tersebut dengan ponsel kamera saya (Nokia 2630).

Setelah sedikit bercerita, langsung saja saya ingin membagikan ilmu tersebut kepada para pembaca. Mulai dari mana ya....? Baik, tanpa basa basi. langsung saja ke inti dari judul tersebut....

Salah satu cara untuk membantu memelihara kesehatan yang maksimal adalah dengan mengatur pola makan dengan tata cara alamaiah fungsi tubuh manusia. Di bawah ini ada 3 siklus hidup alamiah fungsi tubuh yang patut kalian ikuti:

- Siklus Pencernaan
Pada siklus pencernaan terjadi antara pukul 10.00 sampai dengan pukul 20.00. Antara waktu tersebut sangat cocok untuk makan makanan padat. Karena jika tidak makan siang maka tubuh kita bisa lemah dan daya tahan tubuh juga lemah.

- Siklus Penyerapan
Pada siklus penyerapan terjadi antara pukul 20.00 sampai dengan pukul 04.00. Di waktu tersebut tubuh kita melakukan penyerapan terhadap zat makanan dan kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Sehingga dianjurkan pada waktu tersebut tubuh kita harus cukup istirahat dan tidur, karena dalam kondisi tersebut, tubuh kita sedang berproses mengganti sel-sel yang rusak atau lemah.

- Siklus Pembuangan
Pada siklus pembuangan terjadi antara pukul 04.00 sampai dengan pukul 10.00. Antara waktu tersebut sangat ideal untuk makan makanan yang tidak terlalu padat. Seperti bubur, roti, kue, dan biskuit. Kenapa dianjuran makan makanan yang seperti itu, karena pada waktu tersebut tubuh kita paling banyak mengeluarkan energi untuk proses pembuangan.

Semoga bermanfaat.....


Previous Post
Next Post

0 comments: