20.1.09

Praktikum Tekmek3

Setelah mempelajari Tekmek 2 maka di Tekmek 3 ini mahasiswa mempelajari beberapa mesin baru, mulai dari EDM, Milling Kunzmann, Cylindrical Grinding dan terakhir Surface Grinding.

Tidak hanya itu di Tekmek 3 ini mahasiswa diberikan waktu pengerjaan, ada yang 3 jam, 2 jam 30 menit bahkan ada yang 1 jam seperti job Tool Holder ISO-6 pada pekerjaan Surface Grinding.

Karena di tekan oleh waktu maka mahasiswa banyak yang tidak tepat ukurannya bahkan karena terburu-burunya sampai ada benda kerja yang bengkok pada proses pembubutan, dan masih banyak lagi hal-hal yang terjadi karena tertekan oleh waktu.

Tapi ada juga mahasiswa yang bisa mengerjakan dengan baik dan sesuai dengan waktu yang diinginkan. Ibaratnya di Tekmek 3 ini mahasiswa memiliki pesanan dari konsumen. Ternyata masih ada saja mahasiswa yang terkena marah oleh staf yang ada di bengkel, seperti adanya mahasiswa yang salah ketika menggunakan dial indikator pada saat penyetingan benda kerja yang dijepit oleh ragum ketika pekerjaan Surface Grinding.

Selesainya praktikum Tekmek 3 mahasiswa disuruh membuat laporan. Laporan di tekmek 3 ini hanya mesin – mesin baru saja. Dan paling lambat dikumpul hari senin (3 hari setelah praktikum berakhir).


No comments:

Post a Comment