3.11.09

Lagi-Lagi Soal Virus


Permasalahan mengenai virus pasti tidak akan ada habisnya. Selama ada Antivirus pasti Virus akan selalu ada, bukan begitu sobat? Nah, sedikit saya ingin bercerita mengenai hal tersebut yang berujung kepada penginstalan ulang.

Baru beberapa hari yang lalu saya dihadapkan oleh virus yang bernama Saliti.AM (bukan laptopku sih melainkan laptop milik sahabatku). Dan dia meminta saya untuk memperbaiki laptopnya (saya jadi seperti sang ahli saja) bahkan sampai-sampai dia ingin membayar pekerjaan saya, saya jadi bingung ketika ingin dibayar berapa, oleh karena itu ya saya sih terima berapa saja jikalau dia ingin memberikan bayaran kepada saya. Tetapi biasanya kalau membantu teman yang mengalami hal seperti ini, biasanya saya tidak membuat beban terhadap teman saya (alias gratis, tapi kalo dikasih juga saya terima).

Nah terus apa yang saya lakukan ketika laptop teman saya berada di tangan saya. Hal awal yang saya lakukan adalah men-scan dengan antivirus yang saya percayakan, dalam hal ini saya menggunakan SMADAV dan PCMAV versi terbaru. Nah untuk mendownload kedua antivirus tersebut, silahkan klik pada tulisan yang berwarna. Tapi sulitnya adalah memindahkan file tersebut ke Hardisknya, sehingga saya melakukan scanning langsung lewat UFD (USB Flash Disk).

Setiap antivirus pasti terdapat perbedaan masing-masing, nah setelah proses scanning selesai, terdapat perbedaan hasil dari virus yang tertangkap, dan ternyata antivirus SMADAV lebih banyak menangkap virus dibandingkan dengan PCMAV. Tetapi terdapat kesamaan dari kedua antivirus tersebut yaitu belum dapat meng-clean (membersihkan) atau men-disinfected file yang terkena virus, melainkan hanya mengurungnya (Quarantined).

bersambung....

Previous Post
Next Post

0 comments: